Jumat, 30 September 2022

Pemprov Optimalkan Ekspor Produk Daerah

3 Juni 2022 09:22

Hits: 2

TANJUNG SELOR [seraungpos.com] – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Dr H Suriansyah, M.AP memint pelaksanaan pemanfaatan komoditi unggulan pertanian dan perikanan sebagai produk unggulan ekspor Kaltara segera dilengkapi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sejumlah permasalahan yang muncul serta untuk mendorong kinerja ekspor-impor daerah.

 

“Saya berharap kita dapat membuka ruang dan melakukan diskusi dengan para pelaku usaha untuk mendapatkan masukan dari pemerintah pusat guna memperkuat kebijakan yang diperlukan sehingga pemanfaatan berbagai kerja sama perdagangan di Indonesia dapat meningkat,” kata Suriansyah pada Focus Group Discussion Pemanfaatan Komoditi Unggulan Pertanian dan Perikanan di Hotel Grand Pangeran Khar, Kamis (2/6/2022).

 

Melalui FGD, Suriansyah berharap semua pemangku kepentingan dapat saling berkomunikasi dalam merumuskan kebijakan pemanfaatan produk komoditi unggulan. Sehingga ekspor daerah dapat berjalan optimal khususnya dalam bisang pertanian dan perikanan. 

 

“Saya harap semua dapat melakukan koordinasi untuk mengoptimalkan ekspor daerah dan pengelolaan impor daerah, dan saya berharap semoga kegiatan ini dapat merumuskan kendala dan permasalahan yang terjadi agar segera dapat ditangani,” jelasnya. 

 

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kaltara Hasriyani, SH,MM mengatakan FGD tersebut bertujuan mengembangkan kompetensi aparatur daerah, pelaku usaha, stakeholder. Guna menerapkan kebijakan dan regulasi yang terkait di bidang ekspor serta mengkoordinasikan isu-isu terkini terkait permasalahan perdagangan luar negeri di daerah. 

 

Turut hadir narasumber pada kegiatan ini Analis Perdagangan Ahli Muda Direktorat Jenderal Ekspor Pertanian dan Kehutanan Kementerian Perdagangan RI Abdul Wahid Halim Gusnadi, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Subkoordinator Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan Tarakan, Analis Perkarantinaan Tumbuhan Ahli Muda Balai Karantina Pertanian kelas II, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara Ir. Heri Rudiyono, M.Si, Plt. Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltara Rukhi Syayahdin, S.ST.Pi. (dkisp)

 

 

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.