Jumat, 30 September 2022

Persidangan Perkara Dugaan Penipuan Venny Berjalan Cepat, LSM Seraung Siap Mengawal

2 Februari 2022 03:11
Persidangan kasus Venny, Senin (31/1) terlihat sepi dari pengunjung.

Hits: 641

Ketua LSM Seraung, Aslin L : Kami siap mengawal agar prosesnya berjalan sebagaimana mestinya. Kami juga siap melaporkan hingga ke Jakarta jika diduga ada ‘perselingkuhan hukum’ atas kasus ini.

 

Tanjung Selor [seraungpos.com] – Sama halnya sidang perdana, di sidang kedua terdakwa kasus penipuan Venny Kurniana di PN Tanjung Selor, Senin (31/1), juga berjalan cepat. Tidak sampai setengah jam, hakim PN Tanjung Selor ketuk palu, menyatakan persidangan selesai dan akan dilanjut pada Kamis (3/2) mendatang. Selasa (2/2/2022).

Terdakwa Venny dan pihak JPU hadir di Persidangan via zoom

Sidang kedua dengan agenda pembacaan keberatan atau eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), terlihat sepi dari pengunjung, padahal sidang terbuka untuk umum. Di deretan bangku pengunjung tidak terlihat pihak yang menggugat Venny.  Di ruang sidang hanya ada hakim dan pihak pengacara, sementara JPU dan terdakwa Venny hadir di sidang secara virtual atau via zoom.

Eksepsi terdakwa, terbagi dua yakni eksepsi langsung dari terdakwa sendiri sebanyak dua halaman, dan eksepsi dari penasihat hukum terdakwa sebanyak 11 (sebelas) halaman. Namun dalam sidang yang diagendakan pembacaan eksepsi terdakwa, lembar halaman eksepsi justru tidak dibacakan melainkan dibagikan langsung kepada hakim dan JPU.

Dalam sidang, JPU menyatakan meminta waktu untuk menyampaikan tanggapan atas eksepsi terdakwa tersebut, sidang pun rencananya akan dilanjut pada Kamis (3/2) mendatang.

Kepada seraungpos.com via pesan whatsup, kuasa hukum terdakwa, Aryono Putra SH MH menjelaskan, dalam eksepsinya pihak terdakwa menyatakan bahwa kasus yang menjerat kliennya adalah murni Perdata.

Pada bagian lain, Ketua LSM Seraung yang concern dengan kasus Venny karena banyak melibatkan warga Bulungan diduga sebagai korban dengan kerugian miliaran rupiah meyakini bahwa persidangan kasus ini akan berjalan sebagaimana mestinya.

“Kita sangat percaya dengan para penegak hukum dan para pihak lainnya yang beracara di PN Tanjung Selor. Tidak mungkin mereka ‘memainkan’ hukum demi keuntungan pribadi semata,” sebutnya.

Aslin mengaku siap mengawal proses peradilan yang mendakwa Venny atas dugaan penipuan ini.

“Kami siap mengawal agar prosesnya berjalan sebagaimana mestinya. Kami juga siap melaporkan hingga ke Jakarta jika diduga ada ‘perselingkuhan hukum’ atas kasus ini,” tegasnya.

Masih terkait dengan terdakwa Venny, terinformasi ada beberapa pihak lainnya yang juga melaporkan Venny ke Polres Bulungan atas dugaan penipuan jual beli lahan, namun seraungpos.com belum dapat mengkonfirmasi faktual atas laporan ini.*

#wahyudin

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.