Jumat, 2 Desember 2022

Anggaran Rp.3,6 Miliar, Sepertinya Jalan Korpri Hanya Bertahan Setahun

15 Februari 2022 07:26
Jalan Korpri mengalami kerusakan cukup parah

Hits: 333

Ketua LSM Seraung, Aslin : Mungkin perlu anggaran seratus juta per meternya agar kondisi jalan benar-benar bagus dan bertahan lama.

 

TANJUNG SELOR, 15 Feb [seraungpos.com]– Proyek peningkatan jalan Korpri menuju Bapelkes Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ini masih tergolong baru pengerjaannya, namun kondisi jalan sudah banyak kerusakan.

Jalan Korpri ini terkonfirmasi menelan anggaran Rp.3,6 miliar untuk pengerjaan peningkatan jalan sepanjang 810 meter yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Kaltara melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU-PERKIM) tahun anggaran 2020.

Dengan dana miliaran yang dikucurkan APBD tersebut rupanya kondisi jalan tidak bertahan lama. Baru sekitar satu tahun, jalan telah kembali mengalami kerusakan. Banyak ditemui lubang dan retakan di ruas jalan yang baru dibangun tersebut yang bisa membahayakan pengendara, khususnya roda dua.

Hal serupa dipertanyakan Ketua LSM Seraung, Aslin L.

“Sangat disayangkan, dengan kucuran Rp.3,6 miliar dari APBD Pemprov Kaltara, hanya bertahan setahun,” ujarnya.

Menurut Aslin, mungkin terlalu murah biaya proyek peningkatan jalan itu sehingga baru dikerjakan setahun, sudah muncul banyak kerusakan. Dia mengkalkulasi, nilai Rp.3,6 miliar untuk peningkatan jalan sepanjang 810 meter berarti senilai Rp.4,4 juta per meternya.

“Harga Rp.4,4 juta per meter, mungkin bagi kontraktornya terlalu murah sehingga hanya dapat dikerjakan jalan dengan masa pakai setahun,” sebutnya.

Terakhir Aslin berharap, DPU Perkim Pemprov Kaltara mesti membuat perencanaan yang lebih matang agar hasilnya bisa dinikmati rakyat lebih baik lagi. Dia juga menganggap bahwa anggaran miliaran seperti terbuang percuma, jika masa pakai hanya setahun.

“Mungkin perlu anggaran seratus juta per meternya agar kondisi jalan benar-benar bagus dan bertahan lama,” tandasnya.**

# R.L

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.