Kamis, 29 September 2022

Pertempuran Sengit Mencapai Pinggiran Kota Kyiv

26 Februari 2022 04:52
Prajurit Garda Nasional Ukraina mengambil posisi di pusat Kyiv, Ukraina 25 Februari 2022. REUTERS/Gleb Garanich

Hits: 12

KYIV [seraungpos.com] – Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak militer Ukraina untuk menggulingkan para pemimpin politiknya dan merundingkan perdamaian. Jumat (25/2/2022).

Sementara pihak berwenang di Kyiv meminta warga untuk membantu mempertahankan ibukota dari serangan Rusia.

Penduduk diberitahu oleh kementerian pertahanan untuk membuat bom bensin untuk mengusir penjajah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memfilmkan dirinya dengan para pembantunya di jalan-jalan ibu kota.

Dia bersumpah untuk membela kemerdekaan negara itu.

Beberapa keluarga meringkuk di tempat penampungan setelah kota itu dihantam untuk malam kedua oleh rudal Rusia.

Sebagian besar penduduk Kyiev berusaha mati-matian untuk naik kereta yang penuh sesak menuju barat, ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka untuk mencari keselamatan.

Setelah berminggu-minggu peringatan dari para pemimpin Barat, Putin melancarkan invasi tiga cabang ke Ukraina dari utara, timur dan selatan pada hari Kamis, dalam serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

“Saya sekali lagi mengimbau personel militer angkatan bersenjata Ukraina: jangan biarkan neo-Nazi dan (nasionalis radikal Ukraina) menggunakan anak-anak, istri, dan orang tua Anda sebagai tameng manusia,” kata Putin pada pertemuan yang disiarkan televisi dengan Badan Keamanan Rusia.

Putin mengatakan dia tidak merencanakan pendudukan militer, hanya untuk melucuti senjata Ukraina dan menyingkirkan para pemimpinnya.

Moskow mengatakan telah merebut lapangan terbang Hostomel di barat laut ibu kota.

Tempat ini diperebutkan sejak pasukan terjun payung Rusia mendarat di sana pada jam-jam pertama perang.

“Tembakan dan ledakan terdengar di beberapa lingkungan. Penyabot telah memasuki Kyiv,” kata walikota kota berpenduduk 3 juta itu, mantan juara tinju kelas berat dunia Vitali Klitschko.

“Musuh ingin membuat ibu kota bertekuk lutut dan menghancurkan kita.”

Presiden Zelenskiy mengungkapkan bahwa telah terjadi pertempuran sengit dengan orang-orang yang tewas di pintu masuk ke kota-kota timur Chernihiv dan Melitopol, serta di Hostomel.

“Kemuliaan bagi para pembela kami, baik pria maupun wanita, kemuliaan bagi Ukraina,” katanya diapit oleh perdana menteri dan penasihat dalam sebuah video yang diposting untuk mengonfirmasi bahwa dia berada di ibu kota.

Saksi mata mengatakan ledakan keras dan tembakan juga terdengar di dekat bandara di Kharkiv, kota kedua Ukraina, dekat perbatasan Rusia, dan sirene serangan udara terdengar di atas Lviv di barat.

Pihak berwenang melaporkan pertempuran sengit di kota timur Sumy.

Kementerian pertahanan Inggris mengatakan dalam pembaruan intelijen bahwa pasukan lapis baja Rusia telah membuka rute baru menuju ibu kota setelah gagal merebut Chernihiv, dan sebagian besar pasukan tetap berada lebih dari 50 km (30 mil) dari pusat kota Kyiv.

Ukraina mengatakan lebih dari 1.000 tentara Rusia telah tewas sejauh ini. Rusia tidak merilis angka korban.

PBB mengatakan 25 warga sipil telah tewas dan 102 luka-luka.

Kepala bantuan PBB mengatakan ratusan ribu orang sedang bergerak di Ukraina, “setara satu miliar dolar” akan dibutuhkan untuk operasi bantuan dalam tiga bulan ke depan.

Ukraina telah melarang pria yang cukup umur untuk pergi, dan di perbatasan dengan Polandia, Rumania, Hungaria dan Slovakia, mereka yang terlihat menyeberang adalah wanita dan anak-anak.

Wanita menangis saat mereka mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang dicintai pria dan menyeberang ke Rumania.**

Pewarta : Andi Surya / Sumber : Reuters

TAGS:

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.